Mengenal Berbagai Jenis Komputer



Mengenal Berbagai Jenis Komputer


Halo! Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang berbagai jenis komputer, sebelumnya kalian pasti apa itu Dekstop PC, Notebook ataupun Netbook, Laptop, PDA, bahkan smartphone. Tapi tahukah kalian kalau jenis-jenis pc tidak hanya itu? Karena masih banyak sebenarnya komputer di sekitar kalian, bahkan mungkin kalian pakai dalam kegiatan sehari-hari. Daripada penasaran, langsung aja kita Mengenal Berbagai Jenis komputer dengan lebih mendalam!


Baca juga: Dampak Komputerisasi Pada Pekerja


1. Dedicated Computer

Yang pertama adalah dedicated computer, apa itu dedicated computer? Dedicated adalah sebuah komputer yang dibuat hanya untuk tujuan tertentu. Jadi komputer ini tidak bisa menjalankan program seperti komputer yang biasa kita gunakan untuk browsing, gaming, dan kegiatan sehari-hari lainnya dalam kehidupan kita. Sebagai contoh dedicated computer itu adalah video game seperti Playstation, Gameboy, Xbox, Nintendo Wii, dan lain sebagainya.


contoh dedicated computer


2. Embedded Computer

Komputer ini mungkin yang paling kalian tidak sadari, karena ada disekitar kita dan sering kita gunakan sehari-hari. Embedded Computer adalah komputer yang berfungsi sebagai unit kontrol dan ditempatkan pada peralatan yang menggunakan pengendalian sistem otomatis, embedded computer ini  pada umumnya mempunyai mikro prosessor tunggal. Contoh embedded computer ini seperti AC  atau pendingin ruangan, air bag controller pada kendaraan, telepon rumah, video tape recorder. 


contoh embedded computer


3. Super Computer 

Super Komputer atau Komputer Mainframe adalah komputer yang paling canggih diantara komputer yang lainnya, dilengkapi dengan kemampuan yang sangat handal. Komputer ini juga merupakan yang mempunyai ukuran terbesar diantara komputer yang lainnya dan pastinya juga membutuhkan penyimpanan yang besar juga. Karena kecanggihannya, komputer ini dapat memecahkan masalah-masalah yang sangat kompleks dan menangani lebih banyak informasi dibandingkan komputer lainnya. Selain komputer paling handal, komputer ini juga paling cepat dalam memproses data diantara yang lainnya, oleh karena itu komputer ini hanya di gunakan oleh para ilmuwan saja. Sebagai contoh super komputer itu diantaranya adalah IBM System/360, IBM System/390, dan Honeywell-Bull DPS 7.


contoh super computer


4.  Personal Computer

Nah kalau komputer ini kalian pasti sudah tidak asing lagi, personal computer atau lebih kita kenal dengan PC maupun kompi tersedia dari mulai bentuk portable hingga desktop pc. Komputer ini sering digunakan untuk bekerja, bermain game, mengolah data, atau mingkin untuk sekedar browsing-browsing lucu di internet. Sebagai contoh personal computer ada laptop, desktop, dan lain sebagainya.



contoh personal computer




Baca juga: Kecepatan Perubahan Teknologi Yang Pesat



Sampai sekarang kalain jadi lebih tau dong pastinya tentang jenis-jenis komputer? Selain yang biasa kita jumpai, ternyata masih banyak kan? Sekian dulu untuk artikel mengenai Mengenal Berbagai Jenis komputer kali ini, share sama teman-teman kalian jika kalian suka dengan artikel ini.

Post a Comment

2 Comments

  1. Waahhh... Baru tau, AC juga termasuk komputer... Mantap infonya... 👌👍😂

    ReplyDelete