Apa sih game engine itu?



 
 
Halo! Buat kalian para gamers pasti kalian sering melihat Splash Screen di game PUBG, Mobile Legends, FIFA, NBA, GTA dan lain sebagainya. Kalian mungkin juga berbertanya-tanya, apa sih cuplikan itu? Nah itu dia yang kita sebut dengan game engine. Splash Screen game biasanya muncul ketika kita membuka game dan biasanya juga muncul sebelum main menu di dalam sebuah game, dari pada penasaran langsung kita bahas aja.

Game Engine adalah suatu perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan suatu permainan yang dirancang pembuat/developer untuk orang-orang. Produk akhirnya bisa berupa game konsol, mobile, ataupun juga pc

Jadi kalian kalau mau download game bajakan ada baiknya dipikir ulang lagi deh, karena membuatnya itu tidak mudah dan diperlukan waktu bisa satu tahun(untuk skala game besar/open wolrd), belum lagi untuk bug fix yang bisa dilakukan hampir setiap bulan(apabila game itu online). Kalau kita perhatikan dengan seksama, game itu tiap tahunnya semakin terlihat nyata dan membutuhkan spesifikasi yang tinggi, coba kita ingat-ingat lagi ketika kita sd dulu game PS1 itu kualitas gambarnya berbeda jauh dengan kualias gambar di PS4 sekarang. Hal itu di karenakan software yang makin berkembang dan juga developernya yang makin matang untuk membuat struktur algoritma serta animasi termutakhir untuk hasil game yang terlihat nyata. Ada berbagai macam software untuk pembuatan sebuah game, beberapa yang populer diantaranya adalah:

1. Unity

Apa sih game engine itu?

 
 
Engine ini sangat populer dikalangan developer game karena kemudahannya dan user interface dengan menu yang tidak terlalu bertele-tele sehingga memudahkan pemula untuk membuat sebuah game dan digunakan juga di beberapa instansi perkulihan karena software ini gratis untuk pilihan personal.

2. CRY ENGINE

 

Siapa sih yang tidak tahu software ini? Software ini sering digunakan oleh para developer profesional untuk membuat sebuah game, salah satu game populer yang menggunakan engine ini adalah Crysis Trilogy. Game tersebut sangatlah mulus, bahkan tekstur air pun terlihat seperti nyata, mungkin kalau kita orang yang sangat awam pasti akan menganggap itu alah air asli.

3. UNREAL

Apa sih game engine itu?

 
 
Kalian pasti tahu PUBG kan? Game tersebut menggunakan Unreal Engine, atau game seperti Fortnite yang juga menggunakan engine tersebut untuk pengembangan game mereka. Engine ini juga bisa di dapatkan secara gratis lho! Hampir sama seperti CRY ENGINE, UNREAL juga menjikan tekstur gambar yang sangat mulus walaupun pasti ada perbedaan antar kedua engine tersebut.


Nah jadi kalian sudah paham kan arti dari game engine? Apabila kalian punya cita-cita jadi developer game maka kalian bisa belajar dulu dari paling dasar, membuat game tidak perlu terburu-buru, karena hasil game yang baik juga berasal dari kecermatan dan ketelitian kalian.

Post a Comment

0 Comments