Peran Desain Grafis Pada Produk

Peran-Desain-Grafis-Pada-Produk
 

Halo semuanya! Sudah lama rasanya kami tidak membahas tentang multimedia, pada postingan kali ini kami akan membahas seputar desain grafis. Sebelumnya, apa sih desain grafis itu?

Desain grafis/rancangan visual/rancangan grafis adalah proses komunikasi yang menggunakan gabungan elemen dari tipografi, ilustrasi, fotografi. Desain grafis juga sebuah bentuk seni yang menggabungkan kombinasi seperti bentuk, garis, warna, dan lain sebagainya. Dengan demikian, di harapkan visual yang di ciptakan dapat menjadi sarana dalam menyampaikan informasi dengan secara jelas dan efektif yang mampu membentuk persepsi kepada manusia akan suatu hal.

Sebagai seorang desainer grafis harus bisa menjadi pemecah masalah, seperti bagaimana caranya membuat orang mengerti pesan apa yang ingin kita sampaikan dengan melalui media visual. Walaupun tidak mudah, tetapi seorang desainer grafis harus mempunyai kemampuan kognitif dan keterampilan pada bidang visual agar bisa pesan yang ingin di ungkapkan dapat tersampaikan dengan mudah dan tepat.

 

Desain-Grafis
 

Desainer grafis juga harus dapat dapat mempertimbangkan keseimbangan dan kesederhanaan dari desain yang akan di buat. Desain yang baik secara visual yaitu memiliki keseimbangan formal dan informal. Keseimbangan formal yaitu berupa konsistensi pada penggunaan elemen desainnya, sementara keseimbangan informal yaitu sebuah desain sebaiknya jangan terlalu berkesan dinamis dan fleksibel. Sedangkan kesederhanaan ini memiliki tujuan pembaca dalam memahami pesan apa yang ingin kita sampaikan, oleh karena itu hal ini penting untuk di ingat ketika seorang desainer grafis melakukan pekerjaannya.


Peran Desain Grafis Pada Produk

Selain untuk menyampaikan pesan, desain grafis juga dapat di gunakan dalam ranah bisnis. Desain grafis juga memiliki peran penting dalam menarik minat pelanggan, dan jika di aplikasikan secara tepat, suatu produk dapat lebih mudah mencapai sasaran seperti yang sudah di rencanakan. Sebuah desain grafis juga dapat berfungsi sebagai hiasan untuk menarik peminat, sehingga tidak perlu memiliki pesan dan memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan pemasaran.

 

Contoh Peran Desain Grafis Pada Produk

Apakah kalian tau kalau sebenarnya desain grafis ada dimana-mana? Ya benar! Dimulai dari produk makanan yang kita beli, baju, handphone, makanan, minuman dll semuanya memiliki desain grafis untuk mempercantik dan menarik pelanggan untuk membeli produk mereka. Contoh dari IPeran Desain Grafis Pada Produk yaitu :


Sebagai identitas perusahaan atau branding

Implementasi-Desain-Grafis-Pada-Produk-Untuk-Pemasaran

Identitas dari suatu perusahaan berperan penting dalam pemasaran produk, karena dengan adanya sebuah logo akan mempermudah pelanggan dalam mengenali produknya. Sebuah desain logo biasanya di buat simple mungkin sehingga orang dapat dengan mudah untuk mengingat dan mengenalinya. Logo biasanya memiliki suatu arti, filosofi tersendiri bagi sebuah perusahaan, bisa juga mengandung visi dan misi yang sesuai dengan perusahaan itu sendiri.

Tapi, tau kah kalian bahwa suatu logo bisa menjadi memiliki sebuah pesan tersembunyi? Pada beberapa aspek, sebuah logo bisa menjadi terlihat sangat rumit dan saking rumitnya malah logo itu menjadi ciri khas bagi perusahaan tersebut yang menjadikannya sangat memorable bagi customernya. Maka dari itu, sebuah logo tidak dapat di buat secara sembarangan atau asal-asalan aja nih guys, karena memang dapat sangat berpengaruh teradap keuntungan dari sebuah perusahaan itu sendiri.

 

Desain Produk atau Kemasan

Implementasi-Desain-Grafis-Pada-Produk-Untuk-Pemasaran


Selain logo, fungsi desain grafis juga bisa di aplikasikan pada produk sehari-hari nih sob! Mulai dari kemasan makanan, minuman, box handphone, baju dan lain sebagainya. Kalo di pikir banyak banget barang yang kita gunakan sehari-hari yang menggunakan desain grafis sebagai daya tarik utamanya, misalnya untuk menarik anak-anak biasanya pasta gigi di buat dengan desain yang cerah, dan terkesan ceria, sehingga orang tua tidak perlu repot-repot untuk membuat anaknya menjadi tertarik dengan produk tersebut.

Sebagai contoh kita ambil dari Korek Zippo yang mengimplementasikan desain grafis untuk produknya, dengan menggunakan desain yang keci mereka dapat dengan mudah membuat orang tertarik untuk membelinya. Di tambah lagi, siapa sih yang gak tau Korek Zippo? Brand yang satu ini udah ada sejak 1930an loh! Waduh kami sih bisa di pastiin belum lahir di tahun itu ya hahaha.

Implementasi-Desain-Grafis-Pada-Produk-Untuk-Pemasaran

Selain korek, Zippo juga ternyata mengeluarkan produk penghangat untuk tangan, ini sih baru kami tau karena memang brand yang satu ini emang terkenalnya di produk koreknya sih, jadi kalau kalian baru tau ya berarti kita sama ya haha. Dari segi desain kalau di lihat-lihat sih emang simple banget ya, elegan dan terkesan classy yang bisa di pastikan produk ini mengincar mereka yang punya gaya elegan juga dan tentunya untuk yang tinggal di daerah yang bercuaca dingin dan cenderung jarang ada matahari, pastinya sih bukan negara tropis ya guys. 


Zippo Original memiliki desain yang berbeda-beda dengan tujuan agar dengan tepat sasaran seperti yang di targetkan. Biasanya untuk kaum muda mudi, desain sebuah produk haruslah mengikuti pasar dan sang desainer harus bisa juga memilih desain seperti apa yang tepat untuk mendapat perhatian dari anak muda. Karena selera anak muda itu biasanya ada yang suka produk dengan desain yang simple, trendy, catchy, dan dapat menarik perhatian dari temannya ataupun dari orang lain. Sedangkan untuk menyasar mereka yang berumur lebih tua dari kita semua, desainer Zippo akan memilih desain yang terkesan elegan, classy, dan tidak banyak mengandung gambar atau pun warna pada desainnya.

 

zippo-original

Dengan desain yang tepat, sebuah perusahaan dapat melahirkan suatu masterpiece yang dapat mereka banggakan dan tentunya akan sangat berharga sekali di pasaran. Korek Zippo biasanya sering kali membuat produk yang worth to collect dengan membuat desain yang catchy, dan memorable. Sehingga para kolektor berburu untuk memilikinya, sebuah desain akan menjadi sangat mahal apabila desainernya adalah seorang profesional sehingga pembeli juga merasa tidak kecewa dengan apa yang telah mereka beli. Harga dari produk langka Zippo Original ini bisa berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan loh! Waduh jadi ikutan ngiler juga ya guys, rasanya kami jadi pengen beli satu lah gitu buat koleksi dirumah haha. Gimana? jadi tau kan betapa pentingnya sebuah desain itu?.

Spanduk atau Papan Iklan

Desain Grafis Pada Produk Untuk Pemasaran


Fungsi lainnya dari desain grafis adalah untuk promosi sebuah brand atau produk melalui spanduk, pamflet, brosur, atau papan reklame. Sebuah desain yang menarik juga dapat menarik minat dari pelanggan, bahkan sebuah desain tidak perlu terlalu kaku untuk membuat orang lain penasaran, hanya di tambah hal-hal lucu, sebuah produk atau brand dapat mencuri banyak perhatian dari calon pelanggannya.

 

 
Selain desain pada gambar dan warnanya, sebuah promosi suatu barang atau brand harus juga memiliki tulisan-tulisan yang memikat hati dan perhatian calon pelanggannya. Pemilihan kata-kata juga harus di perhatikan oleh sang desainer dengan secara cermat dan hati-hati agar promosi tersebut bisa mudah di mengerti dan membuat penasaran sang calon pembeli, seperti beberapa brand yang membuat iklan lucu di papan reklame untuk lebaran dengan desain seadanya. Hal kecil seperti itu selain dapat menghibur orang yang melihat, juga dapat menarik perhatian dari calon pelanggannya untuk sekedar melihat atau bahkan yang lebih baik lagi, untuk membeli produk tersebut.


Itulah Peran Desain Grafis Pada Produk, sejauh ini gimana? Apa mungkin salah satu dari kalian memang ada yang mau jadi desainer grafis?. Seorang desainer grafis akan sangat di perlukan oleh hampir semua perusahaan, dan sepak terjanganya juga masih sangat jauh. Bahkan tawaran job nya juga masih sangat banyak, jadi jangan takut atau khawatir guys kalo kalian tidak dapat kerjaan, karena orang-orang seperti kalian masih banyak di cari dan di perkirakan untuk prospek kerjanya sangat banyak dan jangka waktunya juga masih lama kok!

Jadi mungkin segini aja artikel untuk Peran Desain Grafis Pada Produk, semoga dapat bermanfaat untuk kalian semua. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

 




Post a Comment

0 Comments